Aplikasi yang di buat bertujuan untuk memudahkan perparkiran. Pengaturan parkir yang terkomputerisasi dengan baik akan membuat data-data tersusun dengan baik. Aplikasi yang digunakan ini memudahkan petugas loket parkir dalam memasukkan data kendaraan serta dapat mengetahui rincian biaya. Pengunjung yang akan memasuki area parkir akan menerima karcis parkir yang sudah diinput oleh petugas loket. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam perhitungan biaya parkir serta meminimalkan kesalahan pemasukan data kendaraan dan data transaksi.
Aplikasi ini juga menggunakan menu LogIn sebagai langkah pengamanan data yang sudah diinput oleh pihak perusahaan. Untuk membuat aplikasi perparkiran yang terkomputerisasi, menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai software yang mudah digunakan serta dapat dimengerti.
I.Pendahuluaan
1.1. Tujuan
Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak ini dibuat sebagai pedoman dalam pembuatan aplikasi sistem perparkiran. Dokumen berisi penjabaran kebutuhan pengguna serta perangcangan sistem yang dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna.
Perangkat lunak yang akan dijelaskan pada dokumen spesifikasi ini merupakan aplikasi yang membantu administrasi pengelolaan parkir secara umum untuk mengetahui keluar masuk kendaraan, mencetak karcis parkir sesuai dengan no plat, jam masuk dan keluar serta urutan karcis kendaraan parkir.
1.3. Perkiraan Biaya dan Jadwal
Alokasi jadwal :
Pelaksanaan pekerjaan diperkirakan membutuhkan waktu selama 1 bulan (24 hari kerja).
Alokasi Biaya :
Total biaya yang diperlukan untuk mengerjakan sistem smart parking ini adalah : Rp.29.420.000
1.4. Mendifinisikan Resiko
1.5. Project Charter
Judul Proyek : Smart Parking
Tanggal Mulai Proyek : 30 Mei 2009
Tanggal Akhir Proyek : 30 Juni 2009
Nomor Kontrak : ........
Informasi Anggaran : Perusahaan menganggarkan Rp. 29.420.000,-
Manajer Proyek : Surya Dharma
Tujuan Proyek : Membangun sistem smart parking sehingga mempermudah
proses Administrasi Perparkiran.
Pendekatan:
Fase Pra-development
1.Membuat spesifikasi requirement yang sesuai dengan tempat dan pengguna sistem yang akan dikembangkan
Fase System Development
1.Melakukan analisis sistem yang akan dikembangkan
2.Merancang dan mengimplementasikan sistem
3.Melakukan pengujian sistem
4.Memberikan dokumen-dokumen sistem terkait dengan item pekerjaan yang ada
5.Menyerahkan produk dan dokumen petunjuk sistem kepada instansi pendidikan
Fase Pasca Development
1.Menyediakan perangkat keras sistem
2.Melakukan instalasi sistem pada lingkungan yang sebenarnya
Peranan dan Tanggung Jawab
Peran Tanggung Jawab Project Manager Mengatur dan memonitor pengerjaan proyek dari awal sampai akhir proyek Analyst Menentukan spesifikasi lingkungan sistem dan Coding Program
Surabaya, 18 Mei 2009
Direktur ProjectManager
( M. Azhari. N.V ) ( Surya Dharma )
1.6. Target Audience
Audience yang diharapkan dapat memahami dan menggunakan dokumen ini antara lain :
- Analis Sistem
Menggunakan dokumen ini sebagai pedoman dalam membuat perancangan sistem. - Designer
Menggunakan dokumen ini untuk pedoman dalam perancangan design sistem. - Programmer
Mengunakan dokumen ini untuk mengetahui gambaran sistem yang akan dibangun. - Testing
Menjadikan dokumen ini sebagai pedoman dalam melakukan testing terhadap sistem yang telah dibangun.
II. Deskripsi Umum / Requirements and User interface
2.1. Tentang Perangkat Lunak
Sistem Informasi Smart Parking ini merupakan sistem baru dan tidak terhubung dengan sistem yang lain. Perangkat lunak ini di design untuk mengatur sistem pengelolaan parkir secara umum yaitu mengelola keluar masuk kendaraan dan pengelolan user.
2.2. Fungsi-Fungsi Perangkat Lunak.
Proses bisnis dari sistem SMART PARKIR ini adalah:
1. Rekam Data Kendaraan Masuk
Mencatat data kendaraan yang masuk. Termasuk Nomor Polisi dari mobil dan waktu.Dimana waktu berdasarkan waktu yang ada di dalam sistem.Selain itu juga menghitung jumlah kendaraan yang masuk
2. Rekam Data kendaraan keluar
Mencatat data kendaraan yang keluar. Termasuk mencatat waktu keluar. Selain itu juga menghitung biaya parkir dan cetak struk parkir.
3. Pengolahan User
Proses melakukan pengaturan sistem, mulai dari startup, memonitor sistem hingga melakukan shutdown. Semua proses tersebut dilakukan oleh seorang Admin, untuk memastikan sistem berjalan dengan baik. Selain itu juga mengatur hak akses bagi user.2. Menu Login
2.3. Karakteriristik dan Klasifikasi Pengguna
Klasifikasi pengguna dalam perangkat lunak ini dibagi menjadi Administrator, Petugas parkir, Manager Operasional. Sehingga dapat ditentukan karakteristik pengguna berdasarkan pembagian hak akses pada Smart Parkir adalah sebagai berikut :
1. Hak akses Administrator, dengan hak-hak sebagai berikut :
a. Hak Mengelola User
b. Hak Mengelola Hak Akses
2. Hak akses Operator / Petugas Parkir
a. Hak Memasukan Data Kendaraan Masuk/Keluar Parkir
b. Hak Cetak Tiket / Karcis Parkir
3. Hak akses Manager Operasional
a. Hak Mengelola User
b. Hak Mengganti User Id / Password
c. Hak Lihat / Cetak Transaksi Parkir
2.4. Lingkungan Operasi
Sistem ini dijalankan pada sistem operasi windows. Sistem ini menggunakan sistem Aplikasi Client Server dimana data seluruhnya tersimpan di Server sedangkan Aplikasi nya sendiri terdapat pada client yang dihubungkan dengan mengunakan Local Area Network (LAN/INTRANET).
2.5. Batasan Desain dan Implementasi
Sistem ini memiliki batasan sebagai berikut :
1. Sistem ini berjalan pada jaringan Local Area Network
2. Sistem ini mempunyai hak akses yang berbeda sesuai dengan User LogIn masing-masing pengguna.
III. Kebutuhan Antar Muka Eksternal
3.1. Antarmuka Pengguna
Antarmuka pengguna pada Smart Parkir dibedakan berdasarkan form input dan halaman output yang dimiliki oleh masing-masing pengguna berdasarkan hak akses.Form Input
Tabel 3.1 Desain Form Input
Tabel 3.2 Desain Form Output
3.2. Fitur Perangkat Lunak
1. Login
Fitur ini berfungsi sebagai penyaring pengguna dari sistem ini, yaitu hanya petugas parkir yang telah terdaftar dan terotentikasi (FTR. 01).
2. Pencatatan Kendaraan Masuk
Fitur ini berfungsi untuk mencatat data nomor plat kendaraan dan jam masuk untuk disimpan dalam database, kemudian mencetak karcis parkirnya (FTR. 02) sebagai bukti parkir kepada pemilik kendaraan.
3. Pencatatan Kendaraan Keluar
Fitur ini berfungsi untuk mencari data nomor plat kendaraan dan jam masuk dari dalam database, kemudian menghitung selisihnya terhadap jam keluar untuk mendapatkan total biaya parkir (FTR. 03).
4. Cetak Transaksi Parkir
Fitur ini berfungsi untuk mencetak transaksi parkir berdasarkan jam parkir, operator, perhari dan perbulan.
5. Pengelolaan User Id dan Password
Fitur ini berfungsi untuk melakukan penambahan dan perubahan serta penghapusan user dan password sesuai dengan hak akses masing-masing.
3.3. Antarmuka Perangkat Keras
Untuk menjalankan Smart Parking ini diperlukan 2 jenis perangkat keras, yaitu :
1. Komputer Server
Server adalah komputer yang berfungsi sebagai komputer penyimpan, pemroses, penyedia, dan pendistribusian data.
2. Komputer Client
Client adalah komputer yang berfungsi sebagai komputer pangakses dan pemasok data.
Jenis-enis perangkat keras di atas sudah meliputi semua perangkat keras yang dibutuhkan, yaitu :
1. Alat Input
Alat yang digunakan untuk memasukan input atau masukan data berupa keyboard (papan tombol) dan Mouse.
2. Alat Pemroses
Alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan dengan alat input dan hasilnya akan ditampilkan dengan alat ourput, yang terdiri dari Central Processing Unit (CPU).
3. Alat Output
Alat yang digunakan untuk menunjukkan hasil pemrosesan suatu masukan atau input data. Pada sistem ini alat output yang digunakan adalah Monitor dan Printer.
4. Perangkat Keras Komunikasi Data
Sistem informasi ini membutuhkan perangkat keras tambahan selain yang telah disebutkan diatas, yaitu hub. Hub berfungsi sebagai penghubung antara komputer server dan komputer client.
Berikut merupakan gambar antarmuka perangkat keras yang digunakan
3.4. Antarmuka Perangkat Lunak
Antarmuka perangkat lunak pada sistem ini dibedakan menjadi dua, yaitu untuk komputer client dan server. Pada komputer client minimal harus terinstall Operating Sistem Windows 2000, Visual Basic 6.0 dan Crystal Report 7.0 serta Aphace agar aplikasi siap dapat berjalan. Sedangkan komputer server terinstall SQL Server untuk memajemen database.
4. Fitur Sistem
Secara umum fitur-fitur sistem Smart Parking dapat digambarkan sebagai berikut :
5. Kebutuhan Non Fungsional Lainya
5.1. Kebutuhan Keamanan
- Sistem Memiliki menu LogIn untuk verifikasi pengguna
- Setiap pengguna harus memiliki username dan password
5.2. Kebutuhan Perlindungan Keamanan
- Smart Parking memiliki batasan hak akses untuk melakukan operasi pada sistem
- Pengguna dapat mengubah/memasukan data-data sesuai hak akses
6. Test
Test Plan
Test Evaluation Summary
Test Strategy
Test Idea List
Test Case
Menggunakan Black Box Testing sbb :
Test Data
Test Results
Workload Analysis Model
Test Interface Specification
Test Script
Test Log
7. Kebutuhan Lain
Tidak ada
Lampiran – Lampiran
I. Use Case
1. Use Case Diagram
Berikut ini merupakan isi dari masing-masing bagian.
2. Narative Use Case
Nomor : 01
Nama Use Case : Login
Actor : Petugas Parkir
Tujuan : Menjelaskan proses inisialisasi (peng-absahan) petugas parkir
Deskripsi :
1. Petugas parkir memasukkan user name dan password saat smart parking mulai dioperasikan
2. Smart parking memeriksa kebenaran data yang dimasukkan
Nomor : 02
Nama use case : Pencatatan Kendaraan Masuk
Actors : Petugas Parkir Masuk
Tujuan : Menjelaskan proses pencatatan dan perekaman data kendaraan yang masuk
Deskripsi :
1. Smart parking menampilkan data petugas parkir masuk
2. Petugas parkir memasukkan nomor plat polisi kendaraan masuk
3. Smart parking menampilkan informasi nomor flat kendaraan yang masuk
4. Petugas parkir mencatat jam masuk kendaraan
5. Smart Parking merekam data yang sudah dimasukkan
6. Smart Parking mencetak tiket masuk kendaraan
Nomor : 03
Nama use case : Pencatatan Kendaraan Keluar
Actors : Petugas Parkir Keluar
Tujuan : Menjelaskan proses pencatatan, pencocokkan data kendaraan yang keluar serta menghitung total biaya parkir
Deskripsi :
1. Smart parking menampilkan data petugas parkir keluar
2. Petugas parkir memasukkan nomor plat polisi kendaraan keluar
3. Smart parking mencocokkan data kendaraan yang akan keluar dengan tiket
4. Petugas parkir mencatat jam keluar kendaraan
5. Smart Parking menghitung total biaya parkir kendaraan
Nomor : 04
Nama use case : Pengolahan User
Actors : Administrator
Tujuan : Mengolah hak akses user smart parkir
Deskripsi :
1. Smart parking menampilkan halaman pengolahan user
2. Admin menambahkan data user smart parkir
3. Admin mengupdate data user smart parkir
4. Admin menghapus data user smart parkir
3. Use Case Description
II. Business Activity Diagram
Operator Pintu Masuk Parkir
Operator Pintu Keluar Parkir
Administrator
III. Class Diagram
IV. Sequence Diagram
Kendaraan Masuk
V. Data Model
VII. Verifikasi dan Validasi
Verifikasi : Merupakan metode pembuktian dari kebenaran suatu sistem, apakah sistem yang dibangun merupakan sistem yang tepat berdasarkan dengan spesifikasi yang ada, dengan menggunakan metode formal.
Validasi :
adalah bagian pembuktian apakah sistem yang dibangun sesuai dengan keinginan user. Validasi adalah bagian komplementari / pelengkap dari proses verifikasi. Pada dasarnya, proses verifikasi dilakukan pada tahap awal, sejak dibuat spesifikasi-spesifikasi formal, setelah proses verifikasi selesai, dilanjutkan tahap validasi.
Fiture-fiture :
1. Login
Fitur ini berfungsi sebagai penyaring pengguna dari sistem ini, yaitu hanya petugas parkir yang telah terdaftar dan terotentikasi (FTR. 01).
2. Pencatatan Kendaraan Masuk
Fitur ini berfungsi untuk mencatat data nomor plat kendaraan dan jam masuk untuk disimpan dalam database, kemudian mencetak karcis parkirnya (FTR. 02) sebagai bukti parkir kepada pemilik kendaraan.
3. Pencatatan Kendaraan Keluar
Fitur ini berfungsi untuk mencari data nomor plat kendaraan dan jam masuk dari dalam database, kemudian menghitung selisihnya terhadap jam keluar untuk mendapatkan total biaya parkir (FTR. 03).
4. Cetak Transaksi Parkir
Fitur ini berfungsi untuk mencetak transaksi parkir berdasarkan jam parkir, operator, perhari dan perbulan. ( FTR. 04).
5. Pengelolaan User Id dan Password
Fitur ini berfungsi untuk melakukan penambahan dan perubahan serta penghapusan user dan password sesuai dengan hak akses masing-masing.(FTR. 05).
Problem / Requirements :
Hasil Design
Pada saat form tampilan mobil masuk dan keluar No. Register karcis parkir tidak terlihat pada layar monitor operator / petugas parkir maka perlu ditambahkan pada form register karcis parkir untuk memudahkan pada saat operator parkir bagian mobil keluar dapat dengan mudah mencocokkan register karcis parkir yang diberikan oleh pemilik mobil ke petugas.Hasil Analisa : FTR. 03
Sekian dan Trimakasih..
makasih, sangat membantu untuk paper tugas kuliah saya.. :)
BalasHapusmakacih yahhh
BalasHapusbener2 dah ngebantu banged
membantu bgd buat tugas saya mas.....thx ...
BalasHapus